Modal Sejutaan Bisa Liburan ala Backpacker ke Lombok Naik Pesawat

September 27, 2017

Liburan ke Lombok 1 jutaan bisa?

Bisa! Saya pernah liburan ala backpacker ke Lombok naik pesawat pulang pergi.

Saat itu (tahun 2015) maskapai AirAsia baru saja membuka rute Surabaya-Lombok dengan harga promo hanya Rp 99.000. Ditambah biaya ini dan itu juga pajak bandara, total yang saya bayar saat booking tiket adalah Rp 275.000. Lumayan murah lah ya.



Untuk pulangnya saya menggunakan pesawat Citilink karena mencari penerbangan yang sore. Tiketnya saya beli di situs Tiket.com yang pada saat itu terdapat promo potongan harga sebesar Rp 100.000. Harga yang saya bayar menjadi Rp 385.000. Harusnya sih bisa dapat lebih murah kalau saja saya lebih cepat booking. Tapi karena saat itu saya masih harus berdiskusi dengan teman-teman yang lain, jadi tidak bisa cepat-cepat booking tiket.




Jika ingin lebih hemat lagi, sejak akhir tahun 2016, PT ASDP Indonesia Ferry membuka penyeberangan dari Surabaya ke Lombok PP menggunakan KMP Legundi dengan lama waktu penyeberangan 23 jam. Tarifnya sangat terjangkau yaitu hanya Rp 72.000 untuk satu penumpang dewasa. Tiketnya sudah bisa dibeli online melalui website tiket.indonesiaferry.co.id. Bagi yang bisa tahan mabuk laut boleh dicoba nih (saya belum pernah coba) :D



Kemudian untuk transportasi dari rumah saya di Malang ke bandara Juanda Surabaya, saya menggunakan jasa travel. Harga travel pulang pergi sebesar Rp 160.000. Tentunya budget travel ini bisa dihilangkan jika teman-teman menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju bandara.

Nah, untuk biaya transportasi pulang pergi saja saya sudah keluar uang sebesar Rp 820.000. Apa cukup uang satu juta untuk liburan 3 hari 2 malam di Lombok? Ya tentunya tidak satu juta pas ya. Tapi satu juta lebih sedikit :D Saat itu saya menyediakan budget sebesar 1,5 juta.

Penginapan selama liburan ala backpacker di Lombok

Waktu saya liburan ke Lombok ala backpacker bersama teman-teman saya, tidak ada budget untuk penginapan apalagi hotel. Beruntung beberapa teman kuliah kami dulu adalah penduduk asli Lombok. Mereka dengan senang hati menyediakan tempat tinggal untuk kami.

Kalau tidak punya teman di Lombok bagaimana?

Bagi yang suka berpetualangan, camping bisa jadi alternatif yang menyenangkan. Banyak tempat di Lombok yang bisa dijadikan spot camping, termasuk di Gili Trawangan.

Atau kalau tidak ingin camping, ada yang namanya Rumah Singgah Lombok Backpacker. Yaitu sebuah rumah milik warga yang biasa digunakan para backpacker untuk menginap saat berada di Lombok. Di rumah singgah ini tidak dipungut biaya alias gratis. Cocok dan cukup hemat lah kalau hanya untuk tempat istirahat malam.

Tidak mau camping dan tidak mau tidur di rumah singgah? Opsi terakhir ya harus menyediakan budget untuk sewa penginapan. Banyak kok penginapan di Lombok yang harganya ramah di kantong. Untuk penginapan backpacker ada harga mulai Rp 100.000/malam. Selengkapnya bisa cari info melalui google atau situs reservasi online.

Transportasi selama liburan ala backpacker di Lombok

Transportasi paling efisien untuk jalan-jalan selama di Lombok adalah sepeda motor. Karena rata-rata tempat wisata di Lombok tidak terlalu jauh dari pusat kota Mataram. Kita bisa menyewa dengan harga mulai dari Rp 70.000/hari.

Kebanyakan persewaan sepeda motor berada di Mataram atau Senggigi. Jika kita datang melalui Bandara Lombok yang berada di daerah Kuta – Lombok Selatan, untuk menuju Mataram atau Senggigi bisa menggunakan transportasi umum bus Damri dengan tarif Rp 35.000 per orang.



Tetapi jika ingin mengunjungi wisata yang lebih jauh seperti Pantai Pink, sangat disarankan untuk menyewa mobil. Kata teman saya, selain jauh juga kondisi jalan yang dilewati agak rawan dengan adanya begal.

Kemudian untuk menyeberang ke Gili Trawangan, kita bisa menggunakan public boat dengan tarif Rp 19.500 per orang untuk sekali jalan (tarif terupdate Desember 2016). Tentu ada selisih harga lebih murah seribu hingga tiga ribu rupiah jika kita akan menuju Gili Meno atau Gili Air saja.

Biaya makan selama liburan ala backpacker di Lombok

Untuk biaya makan tentunya sangat relatif. Karena kebutuhan makan tiap orang berbeda-beda ya. Mau hemat ya bisa makan mie instan :D Atau beli nasi bungkus di warung-warung.

Selama di Lombok, saya dan teman-teman diajak untuk mencicipi beberapa kuliner khas Lombok.

Seperti sate bulayak yang banyak dijual di daerah Mataram. Saat itu harganya Rp 20.000 per porsi yang isinya beberapa tusuk sate daging sapi yang dilumuri bumbu khas Lombok dan disajikan dengan lontong (bulayak). Rasa sate bulayak ini mirip dengan sate komo jika di Jawa hanya saja lebih manis.

Sate Bulayak Khas Lombok


Ada lagi sate rembiga yang juga dibuat dari daging sapi. Bedanya dengan sate bulayak adalah penyajiannya tanpa dilumuri bumbu. Tapi dagingnya sendiri sudah berasa pedas manis. Makannya juga dengan lontong. Untuk harga per porsi juga sama yaitu Rp 20.000. Yang terkenal adalah Sate Rembiga Ibu Sinnaseh di daerah Rembiga.

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh Lombok


Saya juga berkesempatan icip-icip plecing kangkung khas Lombok yang sangat segar dimakan siang hari. Beruntungnya sih tidak beli, tapi dijamu oleh seorang teman saat kami berkunjung ke rumahnya.

Plecing Kangkung


Kemudian kami juga sekali membeli nasi bungkus di Gili Trawangan. Ada penjual nasi bungkus keliling dengan sepeda yang menjual satu bungkus nasi sebesar Rp 15.000. Isinya hanya nasi porsi kecil, sedikit sayur bening dan oseng-oseng, dengan lauk setengah dadar telor.

Estimasi biaya liburan ala backpacker di Lombok

Berikut sedikit rincian yang bisa saya tuliskan mengenai biaya untuk liburan ke Lombok selama 3 hari 2 malam ya. Budget saya buat per orang, jadi untuk penginapan dan sewa motor saya bagi dua.

Kemudian untuk tiket masuk tempat wisata tidak saya cantumkan karena sebagian besar wisata di Lombok seperti pantai-pantainya tidak ada tiket masuk, hanya membayar parkir kendaraan saja. Juga untuk biaya makan dan oleh-oleh tidak saya cantumkan karena sangat opsional.
  • Transportasi pesawat + travel PP = Rp 820.000
  • Bus Damri Bandara Lombok = Rp 35.000
  • Penginapan 2 malam = Rp 100.000
  • Sewa Motor 3 hari + bensin 15.000/hari = Rp 127.500
  • Boat Gili Trawangan PP = Rp 39.000
Total biaya transportasi dan akomodasi adalah Rp 1.121.500

Bagaimana? Cukup terjangkau bukan untuk liburan ke Lombok ala Backpacker?

Semoga bermanfaat dan selamat liburan ke Lombok ^_^

You Might Also Like

3 comments

  1. bener2 murah mba wkwkwk kalau si bungsu uda bisa jalan wes ah aku pengen ajakin semua liburan *gaya bet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga lagi nunggu anakku bisa jalan nih mbak, biar bisa liburan 😁

      Delete