Warga Kota Malang, Simak Cara Mendaftar Antrian SIM Online Berikut Agar Tidak Kehabisan Formulir

November 08, 2018


Pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di kota Malang yang terbatas hanya sekitar 100an formulir per harinya membuat banyak orang rela antri di depan kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Malang Kota sejak Subuh.

Tapi pernah juga meski sudah antri sejak pagi buta ada saja yang kehabisan formulir. Berita ini sempat menjadi viral di dunia maya karena banyak orang berkeluh kesah tentang hal tersebut.

Namun sejak Februari 2018 lalu, Polres Malang Kota meluncurkan sebuah aplikasi E-SIM untuk memudahkan masyarakat yang ingin membuat SIM baru maupun perpanjangan untuk mendapat nomor antrian secara online. Sehingga masyarakat tidak perlu datang pagi-pagi.

Aplikasi ini hanya tersedia di Play Store (klik E-SIM POLRES MALANG KOTA). Jadi bagi pengguna iOS mungkin bisa minta tolong ke saudara atau teman yang pakai Android :D.

Dan juga aplikasi ini hanya berlaku untuk masyarakat Kota Malang saja ya. Untuk kota lain bisa mencari info ke Polres terdekat apakah sudah berlaku sistem yang serupa atau belum.




Tapi nampaknya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya aplikasi tersebut maupun cara menggunakannya.
Kebetulan suami saya belum lama ini membuat SIM baru. Sebelumnya suami saya enggan untuk membuat SIM karena tidak mau antri pagi-pagi. Karena saya tahu ada aplikasi E-SIM, saya unduh aplikasi tersebut dan iseng-iseng mendaftar untuk suami saya.
Tampilan aplikasi E-SIM Polres Malang Kota (source)

Setelah saya unduh, saya masukkan data diri suami saya, setelah itu muncul nomor antrian beserta hari dan tanggal yang sudah ditentukan untuk datang ke kantor Satpas SIM Polres Malang Kota.

Tampilan Form dan Nomor Antrian Pada Aplikasi E-SIM Polres Malang Kota (source)

Nomor antrian ini bisa diunduh dan disimpan dalam format pdf kalau nanti ingin dicetak. Atau kalau gak mau ribet bisa di screenshoot saja dan disimpan di galeri hp. Pokoknya jangan sampai hilang.

Syarat yang Harus Dibawa Untuk Pembuatan SIM Baru/Perpanjangan


Syarat utama pasti berusia minimal 17 tahun dan bisa mengendarai kendaraan roda 2 maupun roda 4 sesuai jenis SIM yang ingin dibuat (semua juga sudah tau kali :D)
Yang harus dibawa adalah:
  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy SIM (jika akan perpanjangan)
  3. Surat Keterangan Sehat
  4. Map kertas warna terserah dan pulpen
  5. Uang

Alur Pembuatan SIM Baru/Perpanjangan

Pelayanan di Satpas SIM Polres Malang Kota dimulai pukul 8 pagi. Kita bisa datang sebelum itu untuk mengurus Surat Keterangan Sehat terlebih dahulu.

Tenang saja, di dekat kantor Satpas SIM Polres Malang sudah ada tempat untuk tes kesehatan yang buka sejak pukul 7 pagi. Biayanya sebesar Rp 20.000.

Kalau Surat Keterangan Sehat sudah bawa sendiri dari puskesmas/dokter lain bagaimana?

Kata teman saya yang pernah mengalami ini, katanya sih bisa saja. Tapi nanti diminta lagi untuk membayar biaya karena tidak tes kesehatan di sana. Saya lupa nominalnya berapa.

Setelah mendapat Surat Keterangan Sehat kita bisa langsung menuju ke depan gerbang kantor Satpas SIM untuk menunggu panggilan masuk.

Untuk antrian manual dan antrian online akan berbeda jalurnya. Antrian manual juga dibagi menjadi dua yaitu untuk yang baru dan perpanjangan.

Pada pukul 8 pagi, petugas mulai membagikan nomor antrian dan formulir kepada masyarakat yang sudah antri manual. Kita yang sudah mendaftar untuk antrian online harap bersabar sebentar.

Yang dipanggil lebih dulu adalah yang sudah antri manual. Setelah beberapa nomor, baru ada panggilan untuk yang antri online. Sebelum masuk, kita cukup menunjukkan nomor antrian dari hp atau yang sudah dicetak.

Setelah masuk kita bisa mengambil nomor antrian sesuai dengan yang sudah kita dapat saat mendaftar online dan tinggal duduk santai menunggu panggilan.

Jika lolos pada tiap-tiap tesnya, pada hari itu juga kita sudah bisa mendapatkan SIM. Namun jika gagal, akan diminta kembali lagi pada waktu yang sudah ditentukan.

Tidak perlu mendaftar antrian online melalui aplikasi E-SIM lagi. Kita bisa langsung mengatakan ke petugas di gerbang bahwa akan tes ulang.

Demikian sedikit informasi mengenai cara mendaftar antrian SIM online melalui aplikasi E-SIM Polres Malang Kota. Semoga bermanfaat ^_^

You Might Also Like

0 comments