Memilih Tema Yang Sesuai Untuk Blog

November 21, 2018


Kalau membicarakan tentang tema blog, ada dua arti yang muncul di kepala saya. Tema dalam arti tampilan atau desain blog, dan tema dalam arti topik atau niche blog. Yang pasti keduanya sama-sama penting untuk menunjukkan apakah blog tersebut menarik atau tidak.

Pertama, tema untuk tampilan atau desain blog.

Dulu, awal-awal ngeblog, saya sering berganti-ganti tema.

Mulai dari menggunakan background dengan foto diri sendiri, menggunakan background full warna hijau, mengganti letak sidebar dari kanan ke kiri, kiri ke kanan, mengganti tampilan cursor jadi gambar lucu-lucu atau dengan efek tertentu, dll.

Akhirnya saat ini saya bertahan dengan tema yang lebih sederhana, putih polos dengan sidebar di sisi kanan.

Dan memang jadi lebih enak dipandang, gak ramai, lebih enak untuk baca-baca. Menurut saya pribadi sih begitu. :D

Tema atau tampilan blog ini ternyata juga berpengaruh lho kalau kita mau daftar Google Adsense (tapi saya belum pernah berhasil daftar, ada yang mau ngajarin? ^_^).

Kedua, tema untuk topik atau niche blog.

Karena saya suka jalan-jalan, saya juga lebih suka membaca blog yang berhubungan dengan traveling. Selain mencari informasi, saya juga bisa mendapat inspirasi. Jadi kepengenan pergi ke tempat yang sama juga gitu maksudnya.

Untuk blog saya sendiri, saya lebih mudah menulis artikel dengan tema jalan-jalan, walaupun jalan-jalannya cuma ke alun-alun kota.

Karena saya hanya perlu bercerita apa yang sudah saya alami. Tidak perlu mengarang bebas karena mengarang bebas itu susah untuk saya :D.

Dan setelah praktik di blog ini, tulisan dengan tema jalan-jalan pengunjungnya lebih banyak dibandingkan dengan artikel lainnya. Dibantu dengan keyword yang tepat, beberapa artikel juga bisa masuk halaman pertama Google.

Saya pernah bikin artikel tentang resep masakan. Tapi karena saya jarang masak, jadinya ya cuma ada satu saja artikelnya :D.

Jadi memang lebih mudah menulis artikel dengan tema yang kita sukai ya. Bisa lebih mudah juga untuk mendapatkan ide judul untuk artikel selanjutnya. Setuju teman-teman? ^_^

You Might Also Like

2 comments

  1. Bener juga, tema itu juga mencakup template atau desain yang dipakai utk layout blog ya. Dan setuju dengan Mbak, menulis pengalaman itu lebih mudah karena tinggal menceritakan yang sudah dialami. Traveling emang berdasarkan pengalaman banget ya. Thank you for sharing!

    ReplyDelete
  2. Iya, Mbak. Paling penting menulis tema yang kita sukai. Sama dengan saya dong, lebih enak menulis tentang jalan-jalan, soalnya nggak banyak mengarang indah.

    ReplyDelete